Cara Menjaga Kulit Tetap Lembap Selama Cuaca Panas


Cara Menjaga Kulit Tetap Lembap Selama Cuaca Panas - Cuaca panas membuat tubuh terasa gerah. Jika tidak hati-hati, tubuh bisa mengalami dehidrasi. Tak hanya haus yang terasa, kulit pun bisa mengalami kekeringan.

Agar kulit senantiasa lembap dan tidak mengalami dehidrasi selama cuaca panas, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut.

Cukup Minum Air

Cara terbaik untuk mencegah tubuh dan kulit dari dehidrasi adalah mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. Minuman yang paling tepat adalah air mineral, sebab tidak mengandung gula proses seperti minuman ringan dalam kemasan. Perlu diketahui gula yang sudah diproses bisa membuat tubuh dehidrasi.

Konsumsi Buah

Selain air mineral, konsumsi buah yang mengandung banyak cairan juga bisa mencegah kulit dari kekeringan. Misalnya saja semangka, melon, jeruk, blewah, dan buah naga. Anda bisa menyantapnya sebagai salad, smoothie, atau jus. Jangan ditambah gula, ya.

Konsumsi Sayur Yang Mengandung Silika

Sayuran yang kaya cairan dan silika akan membantu menjag kelembapan kulit dari dalam. Contoh sayuran seperti ini adalah mentimun, bit, tomat, dan batang seledri.

Makan Ikan Berlemak

Anda disarankan mengonsumsi ikan berlemak seperti tuna, salmon, kembung, sarden, patin, mujair, dan bandeng. Ikan-ikan ini mengandung asam lemak Omega-3 yang berperan besar dalam menjaga kelembapan dan kesehatan kulit dari dalam.

Lembapkan Wajah Dengan Sheet Mask

Anda yang harus beraktivitas di ruangan ber-AC mungkin sering mengalami kulit kering di bagian wajah. Cara untuk mengatasinya adalah menggunakan sheet mask.

Gunakan Lotion

Bagian tangan dan kaki yang kering bisa dilembapkan dengan lotion. Pilih yang berformula ringan untuk cuaca panas. Misalnya lightweight lotion yang dilengkapi ekstrak mentimun, jeruk, mint, aloe vera, atau rumput laut. Biasanya lotion semacam ini juga diperkaya dengan penyejuk kulit. Judi Poker Indonesia IDNPLAY Terpercaya

Gunakan Aloe Vera Gel

Selain lotion, Anda juga bisa memanfaatkan aloe vera gel sebagai pelembap ringan di tengah cuaca panas. Kandungan getah lidah buayanya akan mendinginkan kulit dari iritasi, gatal, dan sunburn sekaligus melembapkan tanpa meninggalkan sensasi lengket.

Hindari Sabun Yang Membuat Kulit Kesat

Keluar dari kamar mandi dengan kulit yang terasa kesat setelah menggunakan sabun memang terasa menyenangkan. Namun sabun yang bisa menghasilkan efek kesat seperti ini biasanya mengandung deterjen yang justru menjadikan kulit kering.

Kurangi Konsumsi Kafein

Minuman berkafein seperti kopi bersifat diuretik. Minuman seperti ini akan meluruhkan sebagian besar cairan di dalam tubuh.

Sumber : Merdeka